Selasa, 08 Agustus 2017

Resep cara membuat kue dadar gulung hijau lembut isi kelapa

Resep Masakan Hari Ini - Kue dadar gulung isi kelapa hijau lembut. Resep dadar gulung menggunakan tepung terigu dengan sedikit tepung singkong dan bahan pelengkap lainnya. Cara membuat dadar gulung bisa anda pelajari secara lengkap dari pembuatan kulit dadar gulung, cara membuat isian dadar gulung, hingga cara menggulung kue dadar gulung bisa anda pelajari setahap demi setahap. Resep kue tradisional dadar gulung bisa anda kreasi sendiri, sehingga bisa mencoba resep dadar gulung pisang coklat maupun resep dadar gulung coklat isi vla. Meskipun demikian dadar gulung isi kelapa dapat dibilang paling enak dan banyak penggemarnya.

Namun demikian dengan mengganti isi kue dadar gulung maupun mengganti warna kulit kue dadar gulung maka tidak cepat bosan, salah satunya dengan membuat kue dadar gulung coklat dengan isian yang bisa disesuaikan, seperti kelapa muda campur gula merah, dengan isian vla, maupun menggunakan isian pisang. Dengan demikian kue dadar gulung anda menjadi lebih bervariasi. Namun demikian cara pembuatannya tidak jauh berbeda karena pada dasarnya hanya berbeda isiannya saja. Soal warna kulit dadar gulung juga bisa disesuaikan dengan selera anda.

Pada hakekatnya cara membuat dadar gulung hijau sederhana dan mudah yang penting sediakan dahulu bahan bahan yang dibutuhkan dan juga peralatannya. Yang paling penting sediakan penggorengan teflon untuk dadar adonan kulit kue dadar gulung. Perlu diketahui bahwa pembuatan kulit kue dadar gulung ini cukup mudah namun juga mesti memperhatikan tata caranya. Hal yang paling penting adalah cara membuat adonan kulit dadar gulung harus pas dan tidak terlalu encer karena nantinya saat menggulung isinya maka bisa saja kulitnya sobek.

Resep kulit dadar gulung lembut hanya menggunakan bahan utama tepung terigu. Dan supaya kulit dadar gulung ini tidak mudah sobek bisa tambah sedikit tepung singkong atau sering juga dinamakan sebagai tepung tapioka atau kanji. Seperti diketahui bahwa penambahan bahan tepung kanji ini merupakan salah satu cara membuat dadar gulung agar tidak pecah. Dan untuk memberikan kreasi pada kulitnya, anda bisa memberikan beberapa tetes pasta atau pewarna makanan yang bisa anda beli di toko khusus bahan bahan kue atau kadang juga di warung agen juga ada.

Saat ini ada salah satu kreasi baru kue dadar gulung yakni dadar gulung mawar. Semua proses pembuatannya sama, nah kreasi bentuk bunga mawar dibentuk saat mengisi isiannya. Nah bagi bunda dan remaja putri sekalian yang ingin belajar cara bikin kue dadar gulung hijau yang manis dan enak, yuk tulis resep kue dadar gulung dan petunjuk cara membuat kue dadar gulung selengkapnya.

 


Bahan kulit kue dadar gulung
  • Tepung terigu : ± 250 gram, anda bisa menggunakan tepung terigu serba guna
  • Tepung tapioka : kira kira 1 sendok makan
  • Santan kental : ± 500 liter, buat dari setengah butir kelapa tua
  • Pasta / pewarna makanan : beberapa tetes, untuk warna hijau gunakan pasta pandan
  • Garam : ± ½ sendok teh
  • Minyak sayur : secukupnya untuk olesan
Bahan isian kue dadar gulung
  • Gula merah / gula aren : ± 100 gram dan sisir halus
  • Kelapa parut : ½ butir kelapa muda dan parut serong
  • Daun pandan : 1 lembar, potong menjadi 4 bagian
  • Garam halus : ± ½ sendok teh
  • Air : secukupnya
Nah setelah semua bahan bahan telah siap yuk mulai mencoba membuat kue dadar gulung spesial yang manis dan enak.
Cara membuat kue dadar gulung hijau
  1. Langkah pertama yakni membuat isian dadar gulung dahulu. Siapkan wajan dan masukkan gula merah sisir dan sedikit air untuk membantu supaya gula merah cepat cair. Lantas masukkan daun pandan dan kelapa muda parut. Aduk aduk hingga warna kelapa muda parut menjadi warna gula dan merata. Kecilkan api kompor dan tunggu hingga kelapa parut hanya mengandung sedikit air.
  2. Langkah kedua yakni membuat kulit dadar gulung. Ambil wadah secukupnya dan masukkan tepung terigu, tepung tapioka, dan garam. Aduk aduk supaya bercampur. Lantas masukkan santan kental sedikit demi sedikit sambil di aduk aduk supaya menjadi adonan yang merata.
  3. Usahakan adonan mempunyai tingkat kekentalan yang pas, jika terlalu kental hasilnya tebal, namun jika terlalu encer hasil kulit dadar gulung tipis dan mudah sobek.
  4. Jika adonan sudah jadi tambahkan beberapa tetes pasta pandan hingga warnanya sesuai dengan selera. Jika anda menginginkan dua warna, maka pisahkan dahulu adonan menjadi dua bagian.
  5. Sekarang ambil wajan teflon dan olesi minyak goreng. Jangan lupa untuk menggunakan api kompor kecil. Dalam pembuatan kulit dadar gulung tidak membutuhkan api yang besar.
  6. Tuang 1 sendok sayur ( sesuaikan dengan besarnya wajan teflon ). Lantas angkat dan goyang goyang supaya adonan bulat merata. Lalu letakkan kembali di atas kompor hingga matang ( bolong bolong ).
  7. Angkat dan letakkan dalam tempat dadar. Beri isian kelapa muda parut dan gulung yang rapi.
  8. Ulangi hingga adonan habis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep cara membuat kue dadar gulung hijau lembut isi kelapa

0 komentar:

Posting Komentar